Jumat, 03 April 2020

TIPS DAN POIN PENTING YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT AKAN MEMBELI HARD DISK EKSTERNAL






Pengguna PC dan Laptop semakin hari kian meningkat. Hal tersebut juga sangat mempengaruhi penjualan terhadap Harddisk eksternal, yang sekarang ini banyak diperlukan oleh pengguna Komputer dan Laptop. Selain itu, kebutuhan terhadap hard disk eksternal juga dipengaruhi oleh terbatasnya kapasitas hard disk internal di dalam Laptop atau komputer. Terlebih hard disk internal juga lebih sulit diganti dibandingkan hard disk eksternal.



Namun, memilih hard disk eksternal terbaik bukanlah hal yang mudah karena kamu harus benar-benar memperhatikan kualitasnya. Dikarenakan hardisk eksternal sangat rentan dengan kerusakan. Maka karena itu, Kamu harus benar-benar memperhatikan kualitasnya sebelum membeli perangkat keras tersebut. Lantas hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum memilih hardisk eksternal?



Kali ini  Admin  akan memberikan tips dan poin penting yang perlu kamu perhatikan saat akan membeli hard disk eksternal.




1. Sistem Operasi yang Kompatibel


Sistem operasi merupakan salah satu hal yang paling utama diperhatikan sebelum kamu memutuskan membeli hard disk eksternal. Dikarenakan sistem operasi Apple (OS X) dan Microsoft (Windows) menggunakan file sistem yang berbeda. Apple dengan HFS+, sementara Windows menggunakan file sistem NTFS, sehingga kebanyakan manufaktur juga membuat HDD eksternal khusus untuk kedua platform tersebut.



Hardisk Eksternal dengan file system NTFS tersedia banyak dipasaran, sedangkan HFS+ agak sedikit susah ditemukan. Jika Hardisk eksternal HFS+ dipasangkan dengan operasi sistem Windows, ada kemungkinan Harddisk tersebut tidak akan terbaca di komputer bersangkutan.



Sedangkan operasi Apple dapat membaca file hardisk berformat NTFS, tapi tetap tidak dapat mengedit dan menulis file di dalamnya. Oleh karena itu, perhatikan sistem operasi PC atau laptop kamu sebelum membeli Harddisk eksternal.





2. Kapasitas Penyimpanan


Kapasitas tentu juga menjadi salah satu perkara yang sangat penting sebagai acuan. Tentukan karena hal apa kamu memutuskan membeli hard disk eksternal, apakah karena kerjaan? ataukah karena ingin menyimpan banyak file besar di perangkat tersebut.



Misalkan saja hard disk eksternal berkapasitas 500 GB dapat menampung sekitar 100 ribu foto yang diambil dengan kamera 6 MP dan 125 ribu lagu dengan kualitas MP3 128 Kbps. 500 GB rasanya juga dapat menampung ratusan film dengan kualitas HD. File foto,  musik dan video yang berkualitas lebih tinggi tentu saja akan membutuhkan kapasitas lebih besar.  Belum lagi yang 1TB, 2TB, 4TB, 8TB, sampai 12TB dan selebihnya lebih besar lagi Ruang Kapasitas Penyimpanan Data dan File.



Dari perkiraan tersebut kamu harus bisa memperhitungkan berapa kapasitas yang kamu butuhkan sehingga kamu tidak membeli hard disk dengan kapasitas yang lebih rendah dari kebutuhan.



Sementara jika kamu memiliki uang lebih, maka sangat disarankan untuk membeli hard disk eksternal dengan kapasitas yang cukup besar karena pastinya akan kamu butuhkan suatu saat nanti.






3. Kecepatan Rotasi (Kecepatan mengolah data)


Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah kecepatan rotasi dari sebuah piringan hard disk. Karena hal tersebut sangat mempengaruhi kecepatan menulis serta membaca datanya.



Sistem kerja hard disk eksternal adalah ketika kamu membuka atau mengolah data, maka piringan di dalamnya akan terus berputar. Kecepatan perputaran ini dihitung dengan RPM (Revolutions per Minute).



Sebuah hard disk yang berputar pada kecepatan 7200 RPM akan menyuguhkan performa yang jauh lebih baik ketimbang hard disk 5400 RPM. Bahkan beberapa hard disk terbaru saat ini sudah mampu berputar pada kecepatan 10.000 RPM. Artinya, semakin tinggi RPM dari hard disk, semakin cepat ia bisa mengolah dan memutar file yang kamu butuhkan.





4. Konektivitas


Setelah kamu menentukan kapasitas serta kecepatan hard disk yang kamu inginkan, sekarang saatnya menentukan bagaimana hard disk tersebut tersambung ke komputer. Saat ini kebanyakan hard disk menggunakan port USB untuk tersambung ke komputer, yang terdiri dari USB 3.0 dan USB 2.0.



USB 3.0 mampu menghadirkan kecepatan 5 Gbps yang jauh lebih cepat ketimbang USB 2.0 sebesar 480 Mbps. Menariknya, USB 3.0 juga tetap dapat digunakan pada komputer yang hanya memiliki port USB 2.0.



Terdapat juga hard disk yang menggunakan koneksi lewat port thunderbolt yang mampu menghadirkan kecepatan data dua kali lebih cepat dibandingkan USB 3.0.



Bahkan, semua laptop dan komputer terbaru dari Apple sudah menyediakan port thunderbolt. Beberapa laptop Windows juga sudah mulai menyediakannya. Namun sayangnya, harga hardisk dengan koneksi thunderbolt masih sangat mahal untuk saat ini.

Jika kamu sering memindahkan files dari laptop ke hard disk dan sebaliknya, pilih hard disk dengan interface USB 3.0  Hard Drive atau port thunderbolt agar nggak makan waktu lama.





5. Pelindung Hard Disk


Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah cover penutup dari hard disk eksternal tersebut. Jika kamu hanya menggunakannya di rumah atau sekadar dibawa ke sekolah, maka cukuplah hard disk dengan pelindung biasa saja karena harganya lebih murah.



Namun jika kamu merupakan seorang petualang, maka tentu saja kamu harus memilih Hard Disk yang ringan dan juga memiliki pelindung yang kuat dari bahan karet atau sejenisnya agar hard disk tersebut tidak mudah rusak ketika terbentur atau terkena guncangan.






6. Fitur


Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan ketika memilih hard disk eksternal adalah fiturnya. Beberapa fitur yang wajib ada pada sebuah hard disk di antaranya adalah backup dan juga password protection. Terdapat juga berbagai macam fitur lain yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.





7. Merk dan Garansi Harus Benar-benar Terjamin Asli (Garansi Resmi)


Garansi adalah salah satu hal yang harus diperhatikan saat membeli hard disk eksternal. Kita tidak akan pernah tahu kapan hard disk eksternal kita rusak. Dengan memiliki jangka waktu garansi yang panjang, tentunya kamu tidak perlu takut saat mengalami kerusakan pada hard disk eksternal.



Namanya juga perangkat elektronik, banyak elemen mikro yang kadang rusak karena alasan teknis. Oleh karena itu, sebelum membeli hard disk, pastikan dulu bahwa hard disk memiliki garansi resmi. Ini penting agar jika ada hal-hal yang tidak diinginkan, kamu bisa mengklaim dan mendapatkan bantuan service yang memuaskan. Nggak mau kan hard disk rusak hanya setelah beberapa bulan?



Kamu tidak akan ingin harddisk eksternal kamu rusak dan tidak mendapatkan garansi sama sekali, beberapa merk memiliki garansi yang sangat berguna dikemudian hari, diantara merk-merk Hard Disk Eksternal yang bagus dan berkualitas adalah ADATA dan TOSHIBA.

Untuk produk-produk harddisk external terbaik yang bagus dan berkualitas dengan berbagai merk dan pilihan harga serta kapasitas bisa Kamu dapatkan hanya di kategori Harddisk External pada toko online maupun toko non online.



8. After Sales
After Sales atau tempat servis juga hal yang harus kamu perhatikan selanjutnya sebelum membeli hard disk eksternal. Membeli sebuah hard disk eksternal dari produsen yang besar, tentu kamu dapat dengan mudah melakukan servis saat hard disk eksternal tersebut rusak.




9. Ukuran Hard Disk


Salah satu alasan banyak orang membeli hard disk eksternal ialah karena ukurannya yang kecil yang sedang dan simple. Jika kamu membeli hard disk eksternal yang ukurannya besar, tentu akan merepotkan kamu sendiri saat ingin mengaksesnya.



Terlebih lagi, hard disk eksternal dengan ukuran besar biasanya membutuhkan daya listrik tersendiri saat ingin menghidupkannya. Ukuran hard disk eksternal yang direkomendasikan untuk kamu beli adalah ukuran 2.5".




10. Harga


Faktor lain yang harus kamu perhatikan sebelum membeli hard disk eksternal adalah harga.



Setiap hardisk memiliki harga yang berbeda-beda. Semakin mahal hardisk eksternal tersebut, maka semakin terjamin juga kualitasnya. Adapun biasanya hardisk eksternal yang berukuran 500 GB dijual dengan harga 500 ribuan, dan 1 TB dihargai 800 ribuan, sedangkan 2 TB biasanya dihargai sekitar 1 jutaan ke atas. Namun harga tersebut juga tergantung kualitas, fitur dan kelebihan dari hard disk eksternal yang dimiliki dari setiap brand.



Nah, sudah tau kan hal-hal penting yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli hard disk eksternal? Dengan 10 aspek tadi, kamu pun bisa mendapatkan hard disk eksternal yang sesuai dengan kebutuhan dan tahan lama. Yang pasti, semua datamu dan file-file penting milik pun bisa disimpan dengan aman dan rapi.


***

Hardisk Internal adalah sebuah perangkat penyimpanan sekaligus juga digunakan untuk pengambilan data digital dengan cepat menggunakan cakram yang berputar. Hardisk Internal akan menyimpan suatu data secara permanen, sekalipun komputer atau laptop tersebut dimatikan.

Kelebihan Hardisk Internal

1. Harganya cenderung murah, pasalnya hardisk internal sudah menyatu dengan komputer atau laptop saat pertama kali pembelian.
2. Lebih cepat mengolah data jika dibandingkan dengan hardisk eksternal
3. Tidak mudah rusak
4. Lebih tahan terhadap virus atau malware

Kekurangan Hardisk Internal
1. Tidak dapat dibawa kemana-mana, sebab, hardisk internal harus tetap menyatu dengan komputer maupun laptop
2. Kapasitasnya cenderung kecil jika dibandingkan dengan hardisk eksternal
Hardisk Eksternal

Hardisk eksternal adalah media penyimpanan portable yang cenderung memiliki kapasitas besar dibandingkan dengan hardisk internal. Selain itu, hardisk eksternal juga dapat digunakan kapan saja dengan mudah, cukup dengan menghubungkan kabel USB pada PC atau laptop, maka hardisk eksternal sudah dapat diakses.

Sama halnya dengan hardisk internal, perangkat yang satu ini juga bisa menyimpan berbagai macam file seperti dokumen, gambar, musik, maupun video.

Kebanyakan orang menggunakan hardisk eksternal agar bisa membantu pekerjaan mereka yang sangat padat dan dengan mobilitas yang tinggi. Namun, jika menggunakan hardisk eksternal dengan sembarangan, maka hal itu sangat rentan sekali dengan yang namanya virus. Bahkan, tanpa disadari, hardisk eksternal bisa saja terformat dengan sendirinya. Tentu saja hal tersebut pastinya akan menghilangkan seluruh file yang ada di dalam hardisk eksternal, termasuk juga tugas-tugas maupun pekerjaan anda.

Maka demikian, gunakan dengan baik hardisk eksternal anda. Dan jangan lupa scan dengan antivirus setelah selesai menggunakan hardisk tersebut.

Kelebihan Hardisk Eksternal

1. Dapat dibawa kemana-mana dan dapat digunakan dengan praktis
2. Kapasitasnya cenderung besar, sehingga dapat digunakan untuk menyimpan jenis file apapun

Kekurangan Hardisk Eksternal

1. Harga relatif lebih mahal
2. Sangat rentan terhadap virus (hanya sebagian dan tidak semua Hard disk rentan terhadap Virus)
3. Lebih mudah rusak
4. Lebih cepat panas
5. Lebih lambat mengelola data dibandingkan dengan hardisk internal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LAHAN DAERAH TAPIAN KURANG LEBIH 10 BORONGAN

Hak Milik  ASM PRO