Rabu, 21 Agustus 2019

Hindari Membersihkan Karburator / Injektor Motor/Mobil dengan Bensin atau Solar, Ini Dampak yang akan Ditimbulkan termasuk Karet dibagian dalam Karburator dan Injektor akan mudah Cepat Getas dan Sobek


















KARBURATOR  DAN  INJEKTOR (injeksi).

Hindari Membersihkan Karburator / Injektor Motor/Mobil dengan Bensin, Ini Dampak yang akan Ditimbulkan

Karburator / injektor motor/mobil juga butuh mendapatkan perawatan secara Berkala.

Ketika kondisi karburator kotor, maka akan mengakibatkan tarikan dan juga bunyi menjadi kasar dan brebet.

Namun untuk membersihkannya juga tidak boleh sembarangan.

Admin sangat menyarankan untuk tidak membersihkan karburator menggunakan bensin. sebagaiknya menggunakan cairan pembersih yang memang sudah dikhususkan untuk membersihkan karburator.

Dirinya mengatakan kebiasaan buruk tersebut bisa berdampak pada karburator itu sendiri, seperti menyebabkan karet menjadi cepat getas dan mudah sobek.

"Sangat tidak disarankan membersihkan karburator / Injektor motor/mobil dengan menggunakan bensin atau solar karena bisa menyebabkan karet yang ada di dalamnya menjadi cepat mengalami Getas dan mudah Sobek.

cara kerja dari cairan pembersih karburator yang sebenarnya.

Dengan membersihkan karburator dengan cairan khusus tersebut, tarikan motor bisa kembali lancar dan suara yang dihasilkan juga menjadi halus.

"Biasanya pembersih karburator dan injektor sepeda motor/mobil  dapat membersihkan kotoran, karbon, vanish dan gum sehingga tarikan motor dapat lancar dan konsisten kembali," 

Selain itu, dengan menggunakan cairan pembersih khusus untuk karburator bisa membersihkan secara menyeluruh.

"Kerak yang nempel di karburator dan throtle body langsung luntur,"

Tips Bersihkan Karburator Motor :
Seperti bagian mesin motor yang lain, karburator juga memiliki peran yang sangat vital. Maka dari itu kebersihan dan kondisinya harus selalu dalam keadaan prima. Berikut beberapa tips untuk membersihkan karburator motor.

Kebersihan karburator menjamin pembakaran yang Lebih maksimal


Seperti bagian mesin motor yang lain, karburator juga memiliki peran yang sangat vital. Gunanya adalah untuk menyatukan bahan bakar dengan udara yang akan dibakar atau diledakkan di dalam ruang pembakaran.

Jika karburator memiliki gangguan, seperti kemasukan air, maka motor akan sulit dihidupkan. Maka dari itu kondisi karburator harus terus dijaga agar motor anda juga tidak rewel.

Melepas karbu per bagian

Untuk membersikan karburator, yang pertama perlu Anda lakukan adalah melepaskan filter udara pada mulut karburator. Untuk membersihkan filter udara,gunakan cairan pembersih dan biarkan filter mengering dengan sendirinya.

Filter udara

Setelah itu, lepaskan semua baut pengikat karburator. Lalu bersihkan dengan menggunakan kuas secara perlahan dan semprot dengan mengunakan udara bertekanan tinggi.

Gunakan amplas halus untuk membersihkan spuyer dari kotoran Secara hati-hati. Jika Anda ceroboh, maka ukuran diameter spuyer bisa berubah.

Bersihkan bagian dalam dengan kuas, kemudian disemprot pakai cairan Khusus Super Cleaner (Carbu Cleaner)

Sebelum memasang kembali karburator, atur ketinggian pelampung bensin dengan menggunakan jangka sorong atau stigmat. Begitu selesai mengatur pelampung bensin, pasang kembali semua bagian karburator dan baut pengikat yang tadi telah Anda lepas.

Tips membersihkan karburator Mobil :

Langkah pertama tentunya Anda harus memarkirkan mobil dan pastikan bahwa mesin sedang tidak dalam keadaan yang panas.

Berikutnya mulailah membuka kap mesin. Anda harus melepaskan kabel negatif pada terminal aki, pastikan kabel negatif aki tersebut berada di kondisi yang terbuka.

Bukalah rumah beserta penutup air filter atau saringan udara.

Untuk membuka komponen karburator, disarankan bagi Anda untuk memotret gambar komponen tersebut terlebih dahulu untuk memudahkan pemasangan kembali. Setelah itu, barulah Anda membuka berbagai komponen selang bahan bakar dan selang lain yang terhubung dengan karburator.

Anda perlu membuka semua komponen yang terhubung dengan karburator seperti kabel gas dan jenis kabel lainnya.

Untuk mengangkat karburator dari manifold, Anda perlu membuka baut dudukan karburator atau mur terlebih dahulu.

Selanjutnya untuk membersihkan karburator, Anda harus membuka dan cabut berbagai rangkaian karburator. Sebelum melakukan hal tersebut, Anda perlu mengingat posisi masing-masing rangkaian atau memotret gambar terlebih dahulu. Agar terhindari dari pemasangan yang salah seperti terbalik dan lain-lain, disarankan bagi Anda untuk tidak membuka spuyer dan pilot jet karburator.

Gunakan kuas dan lakukan penyemprotan karburator menggunakan karburator cleaner untuk membersihkan komponen tersebut dari kotoran yang menumpuk.
Setelah itu, untuk membersihkan lubang-lubang dari sudut karburator, Anda perlu menyemprotkan dengan angin kompresor secara perlahan, hati-hati, dan tidak terlalu keras.

Setelah seluruh area karburator telah dibersihkan, pasang kembali karburator pada tempatnya yaitu di manifold mesin dan jangan lupa beri sealer atau lem sedikit saja untuk menghindari terjadinya kebocoran. Pasang kembali seluruh rangkaian karburator sesuai dengan posisinya.

Lakukan pemasangan kembali terhadap seluruh selang dan komponen lain yang telah dilepas dan pasang kembali kabel terminal negatif aki.

Setting atau nyalakan angin karburator dengan menghidupkan mesin terlebih dahulu.

Terakhir, pasanglah kembali filter udara beserta rumahannya.



Pembersihan karburator yang dilakukan secara berkala dan rutin tentu membuat komponen satu ini terhindar dari kerusakan dini yang membuat Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk melakukan perbaikan.

***
Motor injeksi dibekali komponen injektor yang bertugas mengubah bensin menjadi partikel kabut. Kerja injektor sendiri dibantu oleh ECU (Electronic Control Unit).

Untuk menjaga kondisinya agar tetap baik, injektor wajib dibersihkan setiap interval 10.000 km sekali. Tujuannya untuk menghilangkan endapan karbon sisa pembakaran.

"Injektor harus rutin dibersihkan, jika tidak, tarikan motor bisa tersendat, karena semprotan bensin dari injektor terhalang kotoran," 

Bengkel resmi Yamaha, menawarkan tiga cara membersihkan injektor motor.

"Pertama pakai mesin Yamaha Injector Tester, lalu ada cairan carbon cleaner yang dituang ke tangki, dan terakhir cairan MTR yang langsung 'disuntikkan' ke selang bensin," 

Lalu, apa saja beda-nya dari ketiga metode pembersihan injektor tersebut? Mari kita simak satu-persatu.

Injector Tester & Cleaner

Cara membersihkan injektor pakai metode ini agak sedikit rumit dan butuh waktu. Sebab injektor motor harus dilepas dulu. Selanjutnya, di atas mesin injector tester & cleaner, Injektor mensimulasikan semprotan bensin sesuai tekanan standar. Kalau debit semprotan berkurang, berarti injektor kotor dan ada sumbatan pada hole.

Supaya terlihat perbedaannya, semprotan injektor yang kotor dibandingkan dengan semprotan injektor yang bersih. "Jika diameter (hasil) semprotan injektornya kecil atau tidak membentuk lingkaran, berarti injektornya kotor," 

Jika sudah ketahuan kotor, injektor bisa dibersihkan langsung, dengan cara merendamnya di cairan pembersih. Agar terlihat hasilnya, akan dilakukan kembali simulasi penyemprotan injektor di mesin injector tester & cleaner.

Campur dengan Bahan Bakar

Cara membersihkan injektor pakai metode ini adalah yang paling mudah. Tinggal menuang cairan carbon cleaner ke tangki supaya tercampur bahan bakar. "Nama cairannya Yamaha Carbon Cleaner. Isinya 75 ml bisa untuk campuran 3,5 sampai 5 liter bensin," 

Menurut anjuran Yamaha, cairan ini harus dituang setiap 3.000 km sekali. Kelebihannya, selain bisa mengurangi endapan karbon di injektor, juga bisa membersihkan intake dan ruang bakar.

Metode Infus/ FI Cleaner

Cara selanjutnya pakai metode FI Cleaner. Berbeda dengan injector tester & cleaner dan Yamaha Carbon Cleaner, metode infus membersihkan langsung injektor. Metodenya dengan di-inject langsung menggunakan perangkat mirip infus.

"Injektor diinfus dengan cairan pembersih bernama MTR berkapasitas 50 cc,"

Prosesnya tidak terlalu rumit dan juga tidak terlalu sederhana. Caranya, lepas tangki, lepas selang bahan bakar penghubung ke injektor, lalu ganti dengan infus yang terhubung dengan tabung berisi cairan carbon cleaner MTR.

Setelah itu tabung ditekan dengan angin dari kompresor agar cairan masuk ke injektor dan ruang bakar untuk melakukan pembersihan.
Tekanan angin yang dibutuhkan sendiri berkisar 39-42 psi.

Kemudian mesin akan dibiarkan menyala sambil digas. Metode ini kurang lebih memakan waktu 5 menit sampai cairan pembersih injektor habis dan motor mati dengan sendirinya.

Dari ketiga cara tersebut, menuangkan cairan carbon cleaner ke tangki bahan bakar jadi yang paling gampang. 

Cara Membersihkan Injektor Mobil

Memiliki mobil merupakan impian setiap orang yang menginginkan kemudahan dalam bertransportasi dan memiliki tingkat mobilitas yang tinggi.Akan tetapi, memiliki mobil berarti anda harus siap untuk merawat dan menjaga mobil supaya tetap tampil prima dan nyaman ketika digunakan.Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh orang yang memiliki mobil adalah kondisi injector mobil yang cepat dan mudah kotor.Daripada anda mengeluarkan banyak uang hanya untuk membersihkan injector mobil anda, sebaiknya anda membersihkan mesin injektornya dengan tenaga anda sendiri. Untuk Cara membersihkan injektor mobil akan kami rangkumkan untuk anda berikut ini.

Membersihkan Injektor Mobil dengan Alat Sederhana

Injector yang terdapat pada mobil injeksi merupakan bagian mobil yang berfungsi untuk mengaburkan bahan bakar yang bertekanan dalam ruang mobil yang berisi mesin. Injector kerap kali mengalami penyumbatan dan penyumbatan tersebut akan mengurangi kerja mesin dalam bekerja.berikut ini akan kami sampaikan langkah dan Cara membersihkan injektor mobil.

Cara Membersihkan Injektor Mobil dengan Mudah

Jika tujuan anda adalah membersihkan injector saja, anda perlu mengecek filter bensin terlebih dahulu. Jika anda membersihkan injector mobil tanpa membersihkan filter bensin, hal tersebut akan sia-sia saja, karena ketika injector sudah bersih, dan filter bensin masih kotor, kotoran yang ada tersebut akan terbawa hingga ke injector mobil.

Cara membersihkan injektor mobil selanjutnya adalah menghidupkan mesin dan membuka sekring injektor atau relay fuel pump yang bertujuan supaya pompa bensin terputus dan tunggulah mesin mobil mati dengan sendirinya.

Langkah ketiga yaitu mematikan kunci kontak dan juga melepaskan terminal aki yang bersifat negatif dengan memperhatikan beberapa bagian yang harus disetting terlebih dahulu. Nah, yang perlu diingat dan harus diperhatikan adalah pada langkah yang ketiga ini sebaiknya selalu anda lakukan ketika sedang berusaha membenarkan atau menservis mobil bagian kelistrikan supaya nantinya ketika sedang bekerja tidak akan terjadi konsleting listrik pada mobil.

Membuka pipa selang bensin yang berdekatan dengan injektor mobil dan lepaskan injektor dengan hati-hati karena setiap mobil memiliki kontruksi yang berbeda sehingga terkadang terdapat injektor yang susah untuk diambil atau dibongkar. Pada tahap ini anda harus ekstra berhati-hati, jangan sampai ketika anda mengambil dan membuka injektor, seal injektornya rusak atau cacat, karena nantinya anda akan diharuskan untuk membeli atau mengganti.

Membersihkan injektor mobil dengan pembersih injektor pada bagian ujung yang banyak sekali mengandung karbon. Cara membersihkan injektor mobil haruslah mengetahui bagian-bagian mobil secara detail, jangan sampai salah dalam memasang dan mengambil bagian mobil yang tidak diintruksikan pada bagian ini.

Setelah anda membersihkan injektor, langkah selanjutnya adalah memasang kembali injektor pada tempatnya. Anda pun harus berhati-hati dalam memasukkan atau memasang kembali bagian terpenting ini di dalam mobil jangan sampai anda merusak seal injektor supaya anda tidak harus menggantinya.

Membersihkan dan Menjaga Kebersihan Injektor Mobil

Cara membersihkan injektor mobil yang sudah dijelaskan di bagian atas tersebut bisa anda praktikkan pada mobil anda, untuk langkah awalnya sebaiknya anda melihat terlebih dahulu kinerja para pekerja bengkel dalam membersihkan injektor mobil anda, baru nanti anda bisa mencobanya di rumah.

Demikianlah uraian singkat mengenai Cara membersihkan injektor mobil yang semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Menjaga kebersihan dan ketahanan mesin mobil sudah seyogyanya dilakukan oleh kita dengan berbagai cara membersihkannya.

Cara membersihkan injektor mobil dengan mengambil mesin injektor terlebih dahulu dan kemudian dibersihkan, akan tetapi ada beberapa hal yang sangat membutuhkan kehati-hatian ketika akan mengambilnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LAHAN DAERAH TAPIAN KURANG LEBIH 10 BORONGAN

Hak Milik  ASM PRO