Senin, 24 Februari 2020

PENJELASAN TENTANG SINA WEIBO








Kalau Admin sich jujur aja waktu Daftar buat Akun Sina Weibo dengan cara pake Akun G.mail yang sudah Admin daftarkan ke website Sina Corporation secara Resmi dan juga menggunakan Nomer Asli dari Telkomsel +62. (08 23 ** ** ** **) atau (08 53 ** ** ** **) saja yang bisa diterima masuk login setelah mendapat 6 Digit Nomer Verifikasi untuk Konfirmasi login akun. Namun harus dibantu Verifikasi ulang Akun pake Nomer perdana China, untung Admin punya Nomer China sembilan Digit  +86 (03 ** 67 ** 0), isi pulsanya aja pake Voucher khusus untuk nomer china namun pesan dulu baru pihak Kounther tertentu menyediakan Vouchernya.

Keterangan :  Ma'af Nomer Telephone nya Admin tutupi pake bintang, karena Admin ta mau nomer Admin dicatat orang lain dan dihubungi. Karena nomer tersebut telah Admin gunakan dan masih aktif.

Mengenal Weibo, Media Sosial Paling Populer di Negara Tiongkok (China atau Shanghai)

Bukan Instagram, Twitter ataupun Facebook, di Shanghai, media sosial bernama Weibo Sina merupakan situs sosial media paling populer yang hampir digunakan setiap masyarakatnya.

Weibo merupakan media sosial berbentuk micro blogging, yang seringkali disamakan seperti hampir mirip Facebook dan Twitter yang keberadaannya diblokir di Negara Tiongkok (maksudnya Facebook sama Twitter diblokir). Situs sosial ini sendiri memiliki 140 karakter pada setiap posnya.

Hubungan tiap pengikut dan yang diikuti antar pengguna pun tidaklah searah. Pengguna bisa mengikut Weibo seseorang, membaca pos mereka, membagikan dan menyukainya tanpa perlu orang tersebut mengikuti mereka kembali.

Bila dibandingkan dengan Twitter, pengguna Weibo jauh lebih aktif. Pengguna Weibo juga lebih mengumbarkan informasi pribadi mereka dan sering membagikan post tentang pemikiran mereka dan berkomentar pada post orang lain. Selain itu, Weibo juga digunakan para penggunanya untuk mendapatkan berita terkini.

Tak hanya itu, dalam hal memposting foto, terutama foto selfie, para pengguna Weibo juga berbeda bila dibandingkan pengguna sosial media lainnya.

Terpengaruh dari budaya selfie Korea Selatan, Jepang dan China, kebanyakan pengguna Weibo lebih menyukai tampilan selfie dengan wajah berkulit putih dan mata yang besar. Bahkan bagi para penggunanya, perfect selfie diartikan dengan kulit yang putih baik berkat menggunakan make up, lightning, atau aplikasi foto pada smartphone mereka.

Selain itu, kamera depan beresolusi tinggi juga menjadi kunci bagi mereka dalam berselfie. Satu diantaranya menggunakan smartphone yang populer, yakni Ponsel Smartphone yang dibekali dengan Resolusi Kamera Depan 24MP, 32MP, 40MP, 48MP, 64MP, dan 108MP.

Tak hanya itu, pencahayaan yang cukup juga berperan penting dalam menghasilkan selfie sempurna. Oleh sebab itulah, pada setiap selfie mereka selalu mengusahakan disekitarnya selalu terdapat pencahayaan yang cukup atau memiliki smartphone dengan flash depan yang memiliki cahaya natural.

Jadi dapat dibilang weibo ini merupakan jejaring sosialnya milik Tiongkok yang memang karena merupakan produk asli dari negara tersebut.

***

Pada awalnya untuk dapat mendaftar di akun weibo tidaklah mudah, khususnya kita yang memang bukan warga negara Tiongkok. Karena selain bahasanya yang memang menggunakan bahasa mandarin, juga terdapat verifikasi nomor telepon seluler dan itu biasanya harus menggunakan nomor Tiongkok yang tentu hal itu sangat merepotkan sekali.

Namun sepertinya pemerintah Tiongkok sudah memberikan kemudahan bagi non-warga negara. Bagi mereka yang ingin mendaftar akun di weibo. Sehingga siapa pun sudah dapat dengan mudah untuk mendaftar dan menggunakan weibo sekarang ini.

Namun tidak secara kemungkinan bisa Negara indonesia meng akses akun Weibo secara Resmi diterima terdaftar kadang ada yang mengalami gagal login.  Non Warga Negara (indonesia) bisa berhasil diterima Login divia Akun Weibo, itu hanya suatu keberuntungan saja bisa masuk Loginnya di terima.

Kecuali punya Akun G.mail yang sudah didaftarkan ke website Sina Corporation secara Resmi dan juga menggunakan Nomer Asli dari Telkomsel +62. (08 23 ** ** ** **) atau (08 53 ** ** ** **) saja yang bisa diterima masuk login setelah mendapat 6 Digit Nomer Verifikasi untuk Konfirmasi login akun.

***

Sebenarnya Weibo itu apaan sih? sebagai orang Indonesia awan yang bukan penggila media sosial apalagi yang bukan penggila internet pasti asing dengan istilah satu ini. langsung aja ni Admin kasih tahu apaan sih itu yang namanya Weibo.....????

Penjelasan Weibo dari orang yang namanya Mark Rowswell di salah satu situs tanya jawab
dari segi bahasa weibo (微博) tu bahasa mandarin dari "micro-blog", jadi seseorang yang menulis blog, (kalau kila bilang status kali ya). kamu bisa menulis apapun tentang pribadi kamu sampai dengan 140 karakter. orang luar biasa menyederhadakan pengertian weibo sebagai "twitternya China" secara...diluar China, Twitter  lebih terkenal, padahal di China belum tentu orang tahu apa itu twitter, hehe...

Apabila ada yang mention istilah Weibo, kebanyakan orang akan merujuk pada "Sina Weibo" soalnya domain yang di pakai situs ini "weibo.com" padahal sebenernya ada weibo lain seperti Tencent Weibo yang satu developer sama Tencent QQ (腾讯微博), ada juga weibo pakai baha inggris tapi aku lupa nama domainnya.

Secara gampangnya Weibo merupakan salah satu jenis jejaring sosial yang populer di China terutama mainland.  Banyak yang mengistilahkan Weibo sebagai Twitter-nya orang China, ada istilah mem-follow dan dan di-follow, tapi kalau di Weibo follower nyebutnya Fans dan following disebutnya Concern (memperhatikan), ada juga istilah trending topicnya. Tapi menurut aku ya, Weibo feture-nya lebih lengkap soalnya bisa Chatting, nglelompokin teman kita dalam beberapa kategori....yah kalo dipikir lebih mirip campuran Twitter dan Facebook jadi satu...

 Oh ya sekedar informasi bahwa di China Mainland Twitter, Facebook, Youtube dan beberapa situs lainnya (termasuk blogspot) di blokir oleh pemerintah China, ada yang bilang untuk mencegah paham barat masuk, ada juga yang bilang persaingan ekonomi agar produk dalam negerinya lebih dominan. tapi meskipun di blikir, banyak juga loh yang bisa mengakses situs-situs tersebut dengan bantuan VPN. Oleh karena itu penyebaran berita dan informasi di China Mainland bukan melalui facebook maupun Twitter kayak di Indonesia ini...

Weibo yang paling terkenal dan paling banyak penggunanya adalah Sina Weibo (新浪微博), di copy dari wikipedia bahasa indonesia nih..baca ndiri ya!!

Sina Weibo (Tionghoa: 新浪微博; pinyin: Xīnlàng Wēibó; harfiah "Sina microblogging") adalah sebuah situs microblogging Cina. Mirip dengan hibrida dari Twitter dan Facebook, ini adalah salah satu situs paling populer di Tiongkok, digunakan oleh lebih dari 30% dari pengguna internet, dengan penetrasi pasar yang sama bahwa Twitter telah didirikan di Amerika Serikat.[3] Situs ini diluncurkan oleh SINA Corporation di bulan Agustus 2009,[4] dan memiliki lebih dari 200 juta pengguna terdaftar per Agustus 2011 bahkan sekarang sudah mencapai Miliaran Pengguna terdaftar pengguna Weibo 2020,  mungkin di tahun kedepannya lebih lagi jumlah pengguna akun weibo.

Yang paling banyak penggunanya kedua itu Tencent Weibo soalnya orang yang punya QQ secara otomatis punya tencent weibo karena di sinkronkan... tapi kayaknya orang pada males pake ini soalnya kan udah pakai QQ, ngapain juga tencent weibonya apalagi teman yang di tencent weibo sama aja ma yang ada di QQ

Yah udah jelas kan apa itu Weibo???  Weibo yang di maksud adalah Sina Weibo, karena trending topik yang menyebar melalui Sina Weibo itu hot and spicy hehe...



***


Weibo.com adalah situs web microblogging dari negara Cina. Sina Weibo adalah platform berbasis pada membina hubungan pengguna untuk berbagi, menyebarluaskan, dan menerima informasi. Baik melalui situs web atau aplikasi seluler, pengguna dapat mengunggah gambar dan video secara publik untuk berbagi instan, dengan pengguna lain dapat berkomentar dengan teks, gambar dan video, atau menggunakan layanan olah pesan instan multimedia.
Banyak fitur Sina Weibo mirip dengan Twitter. Seorang pengguna dapat memposting dengan batas 140 karakter (meningkat menjadi 2.000 pada Januari 2016 dengan pengecualian repost dan komentar), menyebutkan atau berbicara dengan orang lain menggunakan format “@UserName”, menambahkan tagar, tambahkan tagar, ikuti pengguna lain untuk buat posting mereka muncul di timeline sendiri, kirim ulang dengan “// @ UserName” mirip dengan fungsi retweet Twitter “RT @UserName”, pilih posting untuk daftar favorit seseorang, dan verifikasi akun jika pengguna adalah seorang selebriti. URL secara otomatis disingkat menggunakan nama domain t.cn, mirip dengan t.co. Twitter Aplikasi resmi dan pihak ketiga dapat mengakses Sina Weibo dari situs web atau platform lain.
Hashtag sedikit berbeda antara Sina Weibo dan Twitter, menggunakan format tagar ganda “# HashName #” (kurangnya jarak antara karakter Cina mengharuskan tag penutup). Pengguna dapat memiliki tagar dengan meminta pemantauan tagar; perusahaan meninjau permintaan ini dan merespons dalam satu hingga tiga hari. Setelah pengguna memiliki tagar, mereka memiliki akses ke berbagai fungsi yang tersedia hanya untuk mereka dengan syarat mereka tetap aktif (kurang dari 1 pos per minggu kalender mencabut hak istimewa ini).
Selain itu, pengguna diizinkan untuk memasukkan emotikon grafis atau melampirkan file gambar, musik, dan / atau video mereka sendiri di setiap posting. Komentar muncul sebagai daftar di bawah setiap posting; seorang komentator juga dapat memilih untuk memposting ulang komentar, mengutip seluruh posting asli, ke halaman mereka sendiri.
Pengguna yang tidak terdaftar hanya dapat menelusuri beberapa posting dengan akun yang diverifikasi. Halaman akun yang tidak diverifikasi atau komentar untuk posting oleh akun yang diverifikasi tidak dapat diakses oleh pengguna yang tidak terdaftar.
Meskipun sering digambarkan sebagai Twitter versi Cina, Sina Weibo menggabungkan unsur-unsur Twitter, Facebook, dan Medium, bersama dengan platform media sosial lainnya. Pengguna Sina Weibo berinteraksi lebih dari yang dilakukan pengguna Twitter, dan sementara banyak topik yang menjadi viral di Weibo juga berasal dari platform itu sendiri, topik Twitter sering kali berasal dari berita atau peristiwa luar.

Tentang Weibo

Diluncurkan: 14 August 2009.
Pemilik: Sina Corp (operated by Weibo Corporation).
Jenis situs: Microblogging.
Bahasa: Simplified Chinese, Traditional Chinese, English.

Weibo.com adalah salah satu platform media sosial terbesar di Cina, dengan lebih dari 445 juta pengguna aktif bulanan pada Q3 2018. Platform ini telah menjadi kesuksesan finansial yang sangat besar, dengan lonjakan saham, penjualan iklan yang menguntungkan dan penghasilan tinggi serta total pendapatan per kuartal. Pada awal 2018, melampaui nilai valuasi pasar US $ 30 miliar untuk pertama kalinya.
Pada bulan Maret 2014, Sina Corporation mengumumkan spin-off Weibo sebagai entitas terpisah dan mengajukan IPO dengan simbol WB. Sina mengukir 11% dari Weibo di IPO, dengan Alibaba memiliki 32% pasca-IPO. Perusahaan mulai berdagang secara terbuka pada 17 April 2014.
Pada bulan Maret 2017, Sina meluncurkan Sina Weibo International Version. Versi baru ini memiliki desain antarmuka pengguna yang bersih dan ringkas, serta fitur bebas iklan; sementara volumenya sangat kecil, hanya menempati seperlima dari ruang asli, ia masih melakukan semua fungsi aslinya.
Menurut laporan iResearch pada 30 Maret 2011, Sina Weibo memiliki 56,5% pasar microblogging China berdasarkan pengguna aktif dan 86,6% berdasarkan waktu penjelajahan atas pesaing seperti Tencent Weibo dan Baidu. 100 pengguna teratas memiliki lebih dari 485 juta pengikut. Lebih dari 5.000 perusahaan dan 2.700 organisasi media di Cina menggunakan Sina Weibo. Situs ini dikelola oleh departemen microblogging yang berkembang dengan 200 karyawan yang bertanggung jawab atas teknologi, desain, operasi, dan pemasaran.
Para eksekutif Sina mengundang dan membujuk banyak selebritas China untuk bergabung dengan platform ini. Pengguna sekarang termasuk selebritas Asia, bintang film, penyanyi, tokoh bisnis dan media terkenal, atlet, cendekiawan, artis, organisasi, tokoh agama, departemen pemerintah, dan pejabat dari Hong Kong, Cina Daratan, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Makau, serta beberapa individu dan organisasi asing yang terkenal, termasuk Kevin Rudd, Boris Johnson, David Cameron, Narendra Modi, Toshiba, dan tim sepak bola nasional Jerman. Seperti Twitter, Sina Weibo memiliki program verifikasi untuk orang dan organisasi yang dikenal. Setelah akun diverifikasi, lencana verifikasi ditambahkan di sebelah nama akun.
Pada Maret 2018 Sina Weibo memiliki lebih dari 500 juta pengguna terdaftar; Dari jumlah tersebut, 313 juta adalah pengguna aktif bulanan, 85% menggunakan aplikasi seluler Weibo, 70% berusia perguruan tinggi, 50,10% adalah laki-laki dan 49,90% adalah perempuan. Ada lebih dari 100 juta pesan yang diposting oleh pengguna setiap hari. Dengan 90 juta pengikut, aktris Xie Na memegang rekor sebagai pengikut terbanyak di platform.
Weibo adalah kata dalam bahasa Cina untuk “microblog”. Sina Weibo meluncurkan nama domain baru weibo.com pada 7 April 2011, menonaktifkan dan mengalihkan dari domain lama, t.sina.com.cn, ke yang baru. Karena popularitasnya, media kadang-kadang merujuk pada platform hanya sebagai “Weibo,” meskipun banyak layanan microblogging / weibo Cina lainnya termasuk Tencent Weibo, Sohu Weibo, dan NetEase Weibo.

Weibo versi internasional

Sina Weibo tersedia dalam karakter Cina sederhana dan tradisional. Situs ini juga memiliki versi yang melayani pengguna dari Hong Kong dan Taiwan. Weibo sekarang mengembangkan edisi internasionalnya dalam bahasa Inggris dan bahasa lainnya. Pada 9 Januari 2018, perusahaan menjalankan tes publik selama seminggu dari edisi bahasa Inggrisnya.
Aplikasi resmi iPhone dan iPad Sina Weibo tersedia dalam bahasa Inggris.
Weibo International mendukung akun Weibo yang ada dan memungkinkan akun Facebook untuk terhubung ke platform; pengguna juga dapat menggunakan nomor ponsel mereka (termasuk nomor ponsel internasional) untuk mendaftarkan akun baru.

Layanan Weibo

Cerita Weibo
Salah satu fitur terbaru Weibo adalah Stories. “Cerita Weibo” adalah fungsi video yang memungkinkan pengguna merekam video dan menyimpannya di menu “Kisah” yang terpisah di halaman profil mereka.
Weibo VLOG
Weibo juga telah meluncurkan fungsi “Vlog” baru. Sekarang, setiap video dengan tagar VLOG akan tersedia di halaman pencarian utama di bawah sub-menu “VLOG”.
Weilingdi
Secara harfiah adalah layanan lain yang dibundel dengan Weibo. Mirip dengan Foursquare, Weilingdi adalah situs web jejaring sosial berbasis lokasi untuk perangkat seluler; situs ini tumbuh dari usaha patungan Sina 2011 dengan GeoSentric’s GyPSii.
Layanan berbagi foto Tina Sina, mirip dengan Instagram, juga diproduksi oleh perusahaan patungan yang sama. Sina Lady Weibo berspesialisasi dalam minat wanita. Pusat Data Weibo memungkinkan pengguna untuk mengakses analisis data tentang topik pilihan mereka, data resmi Sina Weibo, dan informasi demografis. Sina Weibo juga baru-baru ini merilis versi desktop yang tersedia untuk diunduh gratis di situs webnya.

Perjalanan Weibo

  • Tahap Pertama (Agustus 2009 – Oktober 2011).
  • Agustus 2009 – Sina Corporation meluncurkan Sina Weibo.
  • Awal 2010 – Pengenalan platform terbuka API.
  • Oktober 2010 – Sina Weibo meluncurkan kontes bincang-bincang pertama di Tiongkok.
  • November 2010 – Sina Micro-group memulai pengujian.
  • Tahap Kedua (Oktober 2011 – paruh pertama 2014).
  • Januari 2012 – Pengenalan fitur “perhatian tenang”
  • Januari 2013 – Pengenalan fungsi “teman dekat” untuk peningkatan lingkaran sosial pribadi.
  • Februari 2013 – Sina Corporation melaporkan total pendapatan sekitar US $ 66 juta, dengan lebih dari 500 juta pengguna terdaftar dan 46,2 juta pengguna aktif harian.
  • April 2013 – Alibaba mengakuisisi 18% saham di Sina Weibo.
  • Agustus 2013 – Peluncuran Sina Weibo Taobao, memungkinkan berbagi akun.
  • Maret 2014 – Sina Weibo berganti nama menjadi “Weibo”
  • April 2014 – Weibo terdaftar di NASDAQ.
  • November 2016 – Batas 140 karakter meningkat menjadi 2.000 kata.
  • Desember 2016 – Weibo melaporkan 313 juta pengguna aktif bulanan dan 139 juta pengguna aktif harian,
  • Oktober 2018 – Weibo mulai menyusun versi baru aplikasi selulernya untuk anak-anak yang melarang konten yang mengganggu.
  • Februari 2020 - Weibo mulai menyusun versi baru aplikasi selulernya Tentang Berita garis depan ahli, rilis otoritas akun resmi, visualisasi peta epidemi, bantuan timbal balik netizen dan berita bantuan bersama, pemahaman komprehensif tentang situasi terbaru pneumonia baru di negara itu di Weibo, tekan berita garis depan!

Cara Membuat Akun Weibo

Pertama kita masuk ke alamat website weibo.com, maka kita pun akan diarahkan kedalam website weibo yang menggunakan bahasa mandarin.


Agar lebih mudah dalam mendaftar, maka kita akan gunakan fasilitas dari google translate. Caranya cukup mudah, kita hanya perlu klik icon seperti yang terdapat pada lingkaran dibawah lalu klik tulisan "terjemahkan" dan otomatis tulisan berubah menjadi bahasa Indonesia.


Klik daftar sekarang, maka kita akan diarahkan kedalam web pendaftaran.


Selanjutnya kita bisa memilih ingin mendaftar dengan menggunakan alamat email atau nomor telepon. Namun agar lebih mudah direkomendasikan untuk menggunakan nomor telepon saja dengan memilih "use mobile phone".


Sebelum memasukkan nomor telepon jangan lupa untuk memilih kode negara Indonesia. Jika tidak ada pilihan Indonesia maka kita dapat memilih tulisan seperti gambar dibawah. Setelah itu masukkan nomor telepon (tanpa harus menggunakan angka 0 karena sudah diwakili dengan kode 0062 sebagai kode negara Indonesia), lalu masukkan password dan klik "get a code for free" untuk mendapatkan kode verifikasi melalui sms. Setelah itu baru kita pilih sign up now/daftar sekarang.


NB : Jika nomor telepon yang sudah kita masukkan benar maka akan muncul icon ceklis disebelah nomor telepon seperti terlihat pada gambar berikut.


Jika sudah mendaftar, langkah selanjutnya yaitu memasukkan data diri seperti username, tanggal lahir, jenis kelamin dan lokasi kita berada.


Pada kolom lokasi kita pilih luar negeri dan pilih Indonesia, lalu masukkan rekomendasi dan pilih hal yang kita sukai kemudian oke. Jika sudah maka akun weibo kita sudah terdaftar dan kita siap untuk menggunakannya.

Untuk melakukan edit profil, kita dapat masuk ke mode home dan pilih username kita yang berada di sebelah kanan atas. Selanjutnya pilih tulisan seperti pada gambar berikut, lalu pilih edit dan jika sudah selesai pilih edit kembali.



Itulah tutorial Cara Membuat Weibo dengan Mudah dan Cepat. Semoga tips ini dapat bermanfaat.   Terima kasih :)



Contoh  :   Akun Sina Weibo yang sudah Resmi Login, seperti inilah tampilannya di sebuah Smartphone di akses semestinya.   

Bermain bermedia sosial di Akun Sina Weibo itu lebih mengasyikan dan seru karena bisa Stalking beberapa status beranda milik idola Kpop dan Mpop atau Cpop dan lain sebagainya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LAHAN DAERAH TAPIAN KURANG LEBIH 10 BORONGAN

Hak Milik  ASM PRO