Minggu, 14 Juli 2019

CEK KEASLIAN HP ANDA MENGGUNAKAN NOMER IMEI





Saat ini konsumen disuguhi beragam jenis smartphone dari berbagai vendor kenamaan seperti Samsung, Oppo, ViVO, One Plus, Asus, Huawei, Honnor, Xiaomi, Lenovo, HTC, hingga Apple (iPhone). Vendor-vendor smartphone tersebut menghadirkan inovasi dan saling bersaing satu sama lain.

Namun, sebenarnya masih banyak yang tak tahu kalau vendor smartphone itu berasal dari segelintir negara di dunia ini. Negara mana saja?

Berikut adalah lima negara asal vendor smartphone terkemuka di dunia

1. Tiongkok, China (Shanghai)

Nama besar Tiongkok sebagai vendor smartphone memang tak diragukan lagi. Perusahaan-perusahaan smartphone asal Tiongkok kini mulai menguasai pasar dunia dengan inovasi teknologinya.

Sejumlah nama vendor smartphone terkemuka di dunia seperti Oppo, ViVO, One Plus, Huawei, Honnor, Xiaomi, Lenovo, Meizu, hingga ZTE berasal dari Tiongkok. Belum lagi, vendor smartphone lokal Tiongkok seperti Gionee dan Oukitel.

Salah satu nilai lebih dari smartphone besutan vendor Tiongkok adalah dari sisi harga yang lebih murah dan terkadang ada juga yang harganya mahal selangit tergangtung Spesifikasi dan kualitas barang.  Sebagai contoh smartphone flagship besutan Xiaomi atau Huawei biasanya dibanderol sekitar 20 persen lebih murah ketimbang vendor negara lain. Padahal, fitur dan spesifikasinya tak jauh berbeda.

2. Korea Selatan

Meski vendor smartphone yang terkenal dari negara ini hanya Samsung dan LG, kualitas keduanya diakui di dunia. Bahkan, inovasi keduanya tak jarang diikuti oleh vendor smartphone lainnya.

Kemunculan berbagai vendor smartphone yang menghasilkan perangkat dengan harga lebih terjangkau asal Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir ini memang membuat kedigdayaan dua vendor ini mulai tergerus.

Namun, keduanya terus berinovasi menghasilkan smartphone yang bisa diterima di luar negeri. Misalnya saja Samsung baru-baru ini merilis Galaxy S8 dan Samsung S10/S10Plus,  LG merilis LG G6 yang kualitasnya diakui dunia.

3. Amerika Serikat

Amerika Serikat pernah berjaya dengan merek Motorola. Sayang, perusahaan ponsel lain mulai mengambil alih pasar Motorola dan menjadikannya vakum.

Namun, Amerika Serikat tetaplah negara yang diakui kebesarannya dalam teknologi smartphone. Apalagi setelah kemunculan raksasa teknologi Apple dengan produk iPhone yang mengubah dunia.

Kini, vendor smartphone Amerika Serikat pun tidak hanya Apple(iPhone) dan Motorola (yang telah dibeli Lenovo), tetapi muncul vendor lainnya, misalnya Google yang merilis perangkat Google Pixel dan bapak Android Andy Rubin yang berambisi menghadirkan Essential Phone.

4. Taiwan

Bicara tentang negara asal vendor smartphone dunia, rasanya tak lengkap jika tidak memasukkan Taiwan ke dalam daftar. Berbagai vendor terkemuka seperti Asus, HTC, dan Acer berasal dari Taiwan lho!

Walau tidak seterkenal vendor dari negara tetangganya, Tiongkok, smartphone asal Taiwan sebenarnya mendapat pengakuan dari konsumen.

Salah satunya adalah HTC yang digandeng Google untuk menggarap Pixel. Bahkan, tidak banyak yang mengetahui, HTC merupakan vendor smartphone yang pertama kali mengadopsi OS Android.

5. Jepang

Sejak dahulu, Jepang merupakan negara yang terkenal dengan produk elektroniknya. Banyak perusahaan elektronik Jepang yang produknya diakui di dunia, misalnya saja Sharp, Toshiba, dan Sony.

Mengingat rekam jejak itu, smartphone juga jadi salah satu produk elektronik yang dikembangkan perusahaan Jepang. Salah satu merek smartphone yang dikenal baik sampai saat ini adalah Sony.

Sama seperti di Tiongkok, sebenarnya Jepang juga punya vendor smartphone lokal, misalnya Sharp dan Fujitsu yang teknologinya tidak kalah dari vendor dunia. Bahkan, salah satu vendor, yakni Sharp sudah mulai memasuki pasar Indonesia dengan smartphone Z2 dan M1.

📱📱📱
Untuk mengetahui Keaslian HP Anda Asli buatan Negara apa yg sebenarnya Perakitan barangnya,  silahkan saja pada menu dial Phone Anda ketik
 (  *#06#  )  untuk memunculkan kode IMEI yang hanya dimiliki device Smartphone milik Anda masing-masing.

Berikutnya Anda hanya cukup perhatikan deret urutan ke 7 dan 8 pada Nomer  IMEI , setelah itu Anda cocokkan dengan keterangan yang ada di bawah ini:

00 : Perancis (Kualitas sangat baik)
01 atau 10 : Finlandia (Kualitas normal)
02 atau 20 : Asia (Kualitas jelek)
03 : China (Kualitas terjamin baik)

04 : Korea (Kualitas terbaik dunia) ✔

05 : Amerika (Kualitas sangat bagus)
06 : Vietnam (Kualitas bagus)
08 atau 80 : Jerman (Kualitas lumayan bagus)

Misal:  Ponsel (HP) yg Admin gunakan ViVO V15/V15Pro    dengan Nomer IMEI

SIM 1:     863481 04 0898098
SIM 2:     863481 04 0898080

jelas sudah berarti   04  ketemu  04  pertengahan, jadi Asli Perakitan Barangnya dibuat di Negara Korea (Kualitas Terbaik Dunia)  kalau Nama Vendor ViVO Asli dibuat di Negara Dongguan, Republik Rakyat Tingkok atau  yang lebih dikenal dengan Negeri Tirai Bambu, China (Shanghai). Dan juga sudah Resmi masuk dalam Daftar TKDN (Ber-Garansi Resmi Buatan Indonesian).

periksa kardus atau box ponsel lalu cari stiker IMEI. Jika ada keterangan "Dirakit di Indonesia" atau "Diproduksi di Indonesia" dapat dipastikan ponsel itu bergaransi resmi.

"Kalau saat ini cara yang berlaku umum, lihat saja di kardusnya itu pasti ada stiker IMEI atau keterangan lain. Kalau ada tulisan 'Dirakit di Indonesia' atau 'Diproduksi di Indonesia' itu jelas pasti termasuk ber-Garansi Resmi dan dia [Ponsel Resmi] TKDN-nya hardware karena ada proses manufaktur,"

IMEI (International Mobile Equipment Identity)  adalah Berisikan informasi asal pembuatan atau perakitan Smartphone yang Anda miliki.

Biasanya cek Nomer IMEI digunakan kebanyakan orang untuk Cek Keaslian  HandPhone. apakah Sudah Terdaftar atau Tidak Terdaftar, dan jika tidak terdaftar dalam Aturan TKDN. Berarti Smartphone tersebut merupakan Barang BM. Ponsel ilegal alias HP (Handphone) BM (black market).

Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) adalah nilai isian dalam persentase dari komponen produksi dalam negeri termasuk biaya pengangkutannya yang ditawarkan dalam item penawaran harga barang maupun jasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LAHAN DAERAH TAPIAN KURANG LEBIH 10 BORONGAN

Hak Milik  ASM PRO