Rabu, 03 Juli 2019

Bahayanya Jika Terhubung Jaringan WiFi Publik atau Umum (Free WiFi)


Bahayanya Jika Terhubung Jaringan WiFi Publik atau Umum  (Free WiFi)



Wajar saja Admin tidak terlalu suka terhubung dengan Jaringan WiFi Publik / Umum (Free WiFi, karena Bahaya-nya itu sudah salah2" Privasi identitas Data Kita akan sangat mudah diRetas oleh Para Cyber/Cyber Crime, lalu kemudian sewaktu-waktu akan disisipi Malware.  

Malware (Malicious Software) adalah suatu program yang dirancang dengan tujuan untuk merusak dengan menyusup ke sistem komputer. Malware mencakup virus, worm, trojan horse, sebagian besar rootkit, spyware, adware yang tidak jujur, serta software-software lain yang berbahaya dan tidak diinginkan oleh pengguna Komputer/Laptop (PC), Ponsel (HP), dan Gadget.

Cyber/Cyber Crime adalah suatu aktivitas kejahatan di dunia maya dengan memanfaatkan jaringan komputer sebagai alat dan jaringan internet sebagai medianya.

Dalam arti luas, pengertian Cyber/Cyber Crime adalah semua tindakan ilegal yang dilakukan melalui jaringan komputer dan internet untuk mendapatkan keuntungan dengan merugikan pihak lain.
Dalam arti sempit, pengertian Cyber/Cyber Crime adalah semua tindakan ilegal yang ditujukan untuk menyerang sistem keamanan komputer dan data yang diproses oleh suatu sistem komputer, Laptop (PC), Ponsel (HP), Gadget.
Cyber/Cyber Crime atau disebut juga dengan nama lain yaitu  kejahatan dunia maya dapat dilakukan dengan berbagai cara dan beragam tujuan. Kejahatan dunia maya ini umumnya dilakukan oleh pihak-pihak yang mengerti dan menguasai bidang teknologi informasi.

Kejahatan dunia maya ini mulai muncul sejak tahun 1988 yang pada masa itu disebut dengan sebutan Cyber Attack. Pelaku Cyber/Cyber Crime pada saat itu menciptakan worm/ virus untuk menyerang komputer paling utama yang mengakibatkan sekitar 10% komputer di dunia yang terkoneksi ke internet mengalami mati total. Dan terkadang bisa jadi juga Ponsel (HP) serta Gadget pun akan mengalami hal yang sama sewaktu-waktu bisa terserang Malware (Virus/Worm).

Menurut Admin sich Lebih Bagus dan Lebih Aman pake Kartu Perdana khusus Paket Data yg bisa di isi Ulang dengan Pulsa Minimal maupun Maxsimal atau Paket Data (termasuk menggunakan Kartu Sakti Perdana)  atau terhubung dengan WiFi milik Pribadi saja  bukan Non Pribadi. 

*****
Banyak orang yang suka memakai WiFi, terutama WiFi publik / umum yang gratis alias free-wifi. Biasanya kita merasa senang dan langsung menyambungkan laptop, ponsel maupun gadget lainnya begitu mendapati suatu tempat punya WiFi publik. Tapi ternyata, ada risiko besar saat menyambungkan ponsel ke Wi-Fi publik / umum ?

Ponsel menyimpan banyak informasi pribadi, mulai dari alamat surat elektronik sampai akun bank, sasaran empuk para peretas. Banyak yang menilai tak masalah menggunakan jaringan Wi-Fi yang tersedia di fasilitas umum seperti bandara, hotel dan kafe, padahal Wi-Fi publik yang tidak aman berisiko disusupi peretas yang mengincar data-data yang ada di dalam ponsel.

Dengan perangkat lunak di komputer atau di HaPe, peretas bisa mendapatkan informasi situs apa yang sedang diakses, konten yang dilihat, operating system yang digunakan sampai alamat E-mail, G-mail dan Akun2" lainnya yg sifatnya secara Online serta memonitornya secara real time. Begitu mendapatkan akses ke ponsel, Cyber/Cyber Crime peretas akan mencuri identitas dan kata kunci yang dapat berakibat pada kerugian Finansial.

★ Kelebihan Menggunakan WiFi Publik / Umum

Instalasi yang sangat mudah
Kelebihan yang pertama adalah pada proses instalasinya yang sangat mudah. Karena kita tidak perlu membeli alat dan bahan seperti yang dibutuhkan untuk instalasi jaringan kabel. Jaringan berkabel membutuhkan banyak kabel UTP sebagai media transfernya. Belum lagi kita harus memasangkan konektor RJ-45 secara manual ke kabel UTP.

Tidak seperti jaringan berkabel, jaringan Wi-Fi cukup dengan memasang hardware seperti Access Point ataupun MiFi (Mobile WiFi). Tentu hal ini jelas mebih murah, lebih mudah, lebih simple memakai jaringan WiFi.

Compatible untuk berbagai jenis perangkat
Saat ini, jaringan Wi-Fi tidak hanya bisa diakses oleh perangkat tertentu seperti PC atau laptop, tetapi dapat juga diakses melalui smartphone, Android, tablet, dan handphone yang memiliki akses terhadap jaringan wireless.

Bisa digunakan dimana saja tanpa batasan tempat
Pengguna dapat berpindah tempat dari satu tepat ke tempat lain. Mereka memiliki sedikit kebebasan dibandingkan menggunakan jaringan kabel yang mengharuskan sebuah host terpaku di satu titik. Bahkan jaringan WiFi juga sengaja dipasang di tempat-tempat yang ramai dikunjungi orang, seperti kafe, tempat refreshing, hotel, dan lain-lain.

Untuk dapat tersambung, kita hanya perlu satu kali klik maka langsung terhubung. Bandingkan dengan jaringan kabel, kita mesti mencolokkan konektor RJ-45 ke Ethernet card komputer, kemudian setting IP secara manual yang memakan banyak waktu, dan itu belum tentu terkoneksi.

Karena tidak seperti jaringan kabel, jaringan WiFi tidak terlalu banyak menghabiskan arus listrik. Sebuah Access Point kira-kira hanya membutuhkan sekitar tegangan DC 9V dan 0,85A.

Jangkauan luas
Jaringan Wi-Fi memiliki cakupan wilayah yang luas. Walaupun memiliki batasan, tetapi selama tersambung dengan Hotspotnya, tidak ada masalah. Toh tidak hanya satu tempat yang memiliki koneksi jaringan nirkabel.

☆ Kekurangan Menggunakan WiFi Publik / Umum

“Ada cahaya, ada bayangan”. Ada kelebihan, ada kekurangan. Beberapa kekurangannya tidak terlepas dari kelebihan yang sudah djelaskan diatas. Berikut kekurangannya.

Keamanan yang kurang
Kenapa? Jaringan WiFi bersifat public, sehingga bisa dimasuki oleh siapa saja, bahayanya adalah bisa saja dimasuki oleh pengguna yang memiliki kepentingan negatif. Ini tidak seperti jaringan kabel yang terlindungi jaringannya dengan koneksi khusus menggunakan kabel.

Meskipun jaringan WiFi dapat diperkuat dengan password yang dipasang, tetapi tidak menutup kemungkinan adanya orang yang tidak bertanggung jawab yang membocorkan password atau diretas orang tidak dikenal.

Batasan jarak
Masalah sinyal jika kita berada jauh dengan sumber koneksi, ini bisa diakibatkan oleh pergerakan kita yang bebas dengan sumber. Maka dari itu, pertimbangkanlah jarak yang sesuai. Atau bisa-bisa tidak mendapat koneksi kembali.

Kelemahan saat transfer data besar
Jaringan ini tidak seperti jaringan kabel. Jaringan Wi-Fi tidak cocok digunakan untuk transfer data berukuran besar. Berbeda dengan jaringan kabel yang support terhadap data besar dengan kecepatan yang besar pula, bahkan kecepatannya bisa mencapai 1 Gbps lebih.

☆☆☆☆☆

Tips cara Aman Menggunakan WiFi Gratis di Tempat Publik/Umum (Free WiFi)

Seiring meningkatnya penggunaan laptop dan smartphone, kebutuhan akan akses internet Wifi pun bertambah. Hal ini semakin didukung dengan banyaknya WiFi gratis yang bisa dijumpai di berbagai tempat, misalnya Cafe, hotel, dll. Tempat umum seperti itu sepertinya berlomba-lomba meningkatkan pelayanan mereka guna menarik pengunjung dan salah satu strategi yang bagus adalah menyediakan access Internet Wifi Gratis.

Namun Untuk menggunakan wifi Gratis alangkah baiknya jika kita berhati - hati agar tidak menjadi korban tidak kejahatan dan kehilangan data, terlebih lagi kalau data yang kita simpan sangat penting dan rahasia.

1. Mematikan fungsi sharing data
Jika anda menggunakan OS windows alangkah baiknya mematikan fungis ini.
Caranya buka Control Panel -->Network and Internet--.Network and Sharing Center--.Advanced sharing settings

2. Aktifkan Password protected sharing
Caranya sama seprerti mematikan fungsi sharing data

3. Hindari Sambungan Wi-Fi Otomatis
Hal ini dapat membuat perangkat yang Anda gunakan terhubung ke jaringan publik tanpa izin Anda,dan saat anda tidak mengetahui bahwa anda sedang terhubung dengan jaringan wifi, mungkin saat itulah anda terhubung dengan jaringan berbahaya.

4. Hapus daftar SSID wifi (Nama Wifi) setelah selesai digunakan
Dengan anda menghapus daftar SSID wifi, anda tidak akan terhubung dengan SSID wifi yang pernah anda gunakan secara otomatis, cara ini berguna saat anda lupa mematikan sambungan otomatis.

5. Gunakan Virtual Private Network (VPN)
Virtual private network (VPN) adalah solusi yang aman pada saat akses internet WiFi gratis. aplikasi client VPN dapat memberikan jaminan akses browsing internet dalam kondisi terenkripsi.

6. Aktifkan Firewall
Firewall memang tidak memberikan perlindungan secara penuh, tetapi firewall dapat membaca keluar masuk koneksi. Kebanyakan OS sekarang sudah dilengkapi dengan firiwall.

7. Gunakan Anti Virus terUpdate
Dengan menggunakan Anti Virus, adalah cara yang tepat untuk melindungi perangkat anda dari serangan virus maupun malware. ini juga dapat membantu memberikan peringatan pertama jika sistem anda telah diganggu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LAHAN DAERAH TAPIAN KURANG LEBIH 10 BORONGAN

Hak Milik  ASM PRO