Kamis, 18 Juli 2019

10 Cara Jitu Merawat Baterai Tanam (Non-Removable), Agar Smartphone-nya awet digunakan dengan semestinya





10 Cara Jitu Merawat Baterai Tanam (Non-Removable)

ASM PRO - Smartphoneku.com

Produsen handphone tidak ada lelahnya untuk terus berinovasi sesuai dengan kebutuhan pasar. Jika kita masih ingat, jaman dahulu handphone memiliki baterai yang bisa dilepas dan sangat mudah untuk menggantinya ketika rusak, berbeda dengan jenis handphone jaman sekarang yaitu smartphone, yang banyak menggunakan sistem baterai tanam atau biasa disebut Non-Removable. 
Contoh Gambar Baterai Samsung Non-Removable
Baterai Non-Removable adalah baterai yang tertanam didalam perangkat smartphone. Untuk membuka baterai Non-Removable, kalian harus membongkar keseluruhan gadget kalian, itu sebabnya banyak orang beranggapan Non-Removable merupakan baterai yang tidak bisa dilepas.

Kelebihan & Kekurangan Non-Removable

Sebelum kita masuk kedalam pembahasan mengenai Cara Jitu Merawat Baterai Tanam (Non-Removable), sebaiknya kita kupas terlebih dahulu Pro dan Kontra baterai yang tidak dapat dilepas ini. Mungkin bisa smarters jadikan refrensi untuk mempertimbangkan setiap fitur spesifikasi smartphone yang akan direncanakan untuk dibeli.

Kelebihan

  • Biasanya sebagian besar smartphone dengan baterai inbuilt memiliki slot kartu memori eksternal dan slot SIM. Sehingga pengguna tidak harus melepas back cover setiap saat. Juga menghemat waktu untuk tidak melepas baterai saat mengganti kartu SIM.
  • Casing belakang smartphone tidak mudah rusak dikarenakan sering dibuka, karen baterai non-removable tidak bisa membuka cas bagian belakang.
  • Debu tidak akan masuk ke bagian dalam ponsel karena semua sisi sebagian besar tertutup rapat. Jadi smartphone terlihat tertutup rapat dan baru.
  • Smartphone akan terlihat lebih solid dan manufakturnya bisa membuat ponsel lebih ramping dengan mengurangi celah dan ponsel langsing terlihat lebih stylish.
  • Biasanya baterai built-in (tanam) memiliki masa pakai lebih tinggi (lebih tahan lama) dari pada baterai yang dapat dilepas.   Baca juga: Kumpulan Android Baterai Super Tahan Lama

Kekurangan

  • Kalian tidak dapat menggunakan baterai cadangan atau baterai sekunder saat baterai utama kalian kehilangan dayanya, ini adalah kelemahan utama dari baterai yang tidak dapat dilepas. 
  • Jika ponsel kalian hang dan semua kontrol kalian berhenti bekerja maka kalian tidak dapat mereset dengan melepaskan baterai. Sekarang satu-satunya pilihan yang tersisa adalah menunggu sampai daya baterainya habis. Baca juga: Solusi untuk iPhone Nge Hang atau Nge Blank Layar
  • Semua jenis baterai akan rusak pada waktunya dan baterai inbuilt (Non-Removable) tidak terkecuali. Tidak mudah mengganti baterai lama dengan baterai yang lebih baru. Kalian mungkin perlu membayar jasa service secara terpisah untuk orang yang mengganti baterai.

Tips Merawat Baterai Tanam (Non-Removable)

1. Jangan Charger Terlalu Lama

Untuk merawat baterai tanam di smartphone kesayangan smarters, pastikan kalian tidak mencharger ketika baterai sudah penuh. Mencharger terlalu lama akan membuat cell didalam baterai rusak karena lamanya aliran listrik yang masuk kedalam cell. Untuk mencegah itu, jangan mencharger baterai di malam hari agar kalian bisa mencabutnya (tidak ketiduran) saat baterai sudah penuh 100%.

2. Memakai Charger Original

Banyak orang yang meremehkan penggunaan charger original, hal itu membuat baterai tanam mereka menjadi lekas rusak. Kenapa ? Charger yang tidak original akan menghantarkan aliran listrik dengan tegangan yang tidak sesuai (lebih tinggi atau lebih rendah) dengan standart kapasitas baterai smartphone yang dicharger. Contoh kasus: Smartphone iPhonemenggunakan kepala charger Samsung.

3. Memakai Kabel USB Original

Sama halnya dengan kepala charger, penggunaan kabel usb original akan membuat baterai Non-Removable smarters akan lebih awet. Saya sarankan jangan memakai kabel merk smartphone lain, meskipun type usb kabelnya sama. Contoh kasus: Kabel charger Advandipakai di Oppo

4. Jangan Memakai Smartphone Saat Dicharger

Tips merawat baterai Non-Removable keempat ini yang paling banyak terjadi pada kalian semua, memakai smartphone saat dicharger akan membuat baterai cepat kembung, Baca juga: Penyebab Pasti Baterai HP Kembung. Kenapa ? karena aliran listrik yang masuk akan langsung keluar dikarenakan smartphone sedang dalam penggunaan smarters. Saran saya, hindari penggunaan gadget kalian saat sedang dicharger.

5. Memasang Aplikasi Penghemat Baterai

Aplikasi penghemat baterai
Untuk merawat baterai tanam, smarters wajib menginstall aplikasi penghemat baterai. Fungsi aplikasi ini akan terasa sekali bagi smarters yang sudah menginstallnya. Aplikasi ini akan mematikan program yang sudah tidak digunakan lagi namun sedang berjalan di smartphone kalian. Buat smarters pengguna Android bisa langsung baca artikel yang ini: Aplikasi Penghemat Baterai Android Terbaik

6. Charging Smartphone Sebelum 25%

Menunggu baterai smartphone sampai habis atau lowbat itu sangat tidak baik untuk kesehatan baterai Non-Removable. Untuk menjaga agar baterai kalian tetap awet pastikan untuk menchargernya sebelum daya 25%. 

7. Jangan Biarkan Baterai Panas

Penggunaan smartphone yang berlebihan juga tidak bagus untuk keawetan baterai tanam. Jika smarters menggunakan smartphone dengan durasi yang cukup lama, akan membuat baterai menjadi panas, sebaiknya berhenti sejenak sampai smartphone dingin kembali. Hal ini bertujuan agar baterai Non-Removable tetap awet.

8. Jangan Sering Menggunakan Power Bank

Penggunaan Power Bank secara terus menerus juga sangat tidak diromendasikan, untuk baterai tanam khususnya. Aliran listrik yang dihantarkan oleh power bank tidak sestabil ketika smarters menggunakan charger original dari pabriknya. Apa lagi jika kalian menggunakan Power Bank yang palsu. Hmm pokonya jangan deh. 

9. Biasakan Mengisi Baterai Sampai Full

Siapa yang sering mengisi baterai hanya 50% atau tidak sampai full ? pasti banyak sekali disini yang sudah melakukan hal ini, untuk merawat baterai tanam, sebaiknya smarters jangan lakukan lagi hal semacam ini. Mengisi baterai yang tidak sampai penuh akan membuat cell didalam baterai menjadi kurang maksimal dalam penyimpanan daya.

10. Kurangi Bermain Game

Buat smarters pencinta game HD atau game online sebaiknya mulai sekarang mulai membuat jadwal bermain game. Bermain game berlebihan akan membuat baterai Non-Removable mudah rusak dan kembung, kenapa ? game dengan ukuran besar apalagi HD/online membutuhkan daya baterai cukup besar untuk menjalankannya. Oleh karena itu, smarters jangan keseringan bermain game ya.


Tips memilih Smartphone dengan Baterai tanam atau biasa
Kalian suka bepergian? memilih smartphone baterai tanam dan biasa tak masalah kalian pilih, sekarang saat diajak bepergian bisa diatasi dengan membeli power bank, dan jangan lupa pilih power bank yang berkualitas jangan yang abal-abal.

Bagi para pengusaha dan pebisnis yang memerlukan fast respon dan fleksibel, ada baiknya memilih baterai biasa(bisa dilepas) karena dapat langsung di ganti dengan baterai cadangan yang dimiliki.

Gamer, kalau bermain game baterai biasanya cepat habis dari sini saya sarankan menggunakan baterai biasa, apalagi yang saya sering lihat orang banyak yang main game atau browsing sambil di cas, kebiasaan ini sangat menyiksa baterai karena suhu yang ditimbulkan cukup panas. Jadi pakai saja baterai biasa setelah habis langsung bisa di ganti dengan baterai cadangan dan baterai yang habis tadi di cas dengan external battery charger.

Tipikal santai dan wajar, seperti sosial media, browsing, games seperlunya masih cocok saja menggunakan smartphone baterai tanam, dan juga dikombinasikan menggunakan power bank.

Kuesioner
Mantap
Love
Hahaha
Wow
Sedih
Marah

Video Pilihan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LAHAN DAERAH TAPIAN KURANG LEBIH 10 BORONGAN

Hak Milik  ASM PRO